PAKAN FERMENTASI HEWAN TERNAK IRIT MURAH DAN MENGUNTUNGKAN

PAKAN FERMENTASI MENGHEMAT BIAYA, WAKTU DAN TENAGA


PAKAN FERMENTASI HEWAN TERNAK IRIT - Pakan fermentasi sangat menguntungkan bagi peternak, karena lebih irit, murah dan menguntungkan. Cukup 2 orang saja untuk 40 ekor kambing. Selain menguntungkan dari sisi pengeluaran, kambing ternyata juga cepat gemuk.

Cara pembuatannya sangat mudah sekali, dan bisa di buat oleh siapa saja. Saat drum/tong dibuka, daun-daun utuh masih bertangkai yang berwarna coklat. Baunya segar, harum dan sepertinya gurih. Inilah pakan fermentasi yang saat ini sedang marak di gunakan oleh banyak peternak.





Kambing untuk hari raya kita besarkan dengan pakan ini, hasilnya luar biasa fantastis.Bisa juga di aplikasikan untuk kambing PE yang di ambil susunya juga di berikan pakan fermentasi ini, hasilnya sudah terbukti luar biasa untuk menunjang produksi susu pada kambing.

CARA PEMBUATAN

  • Siapkan bahan pakan yang akan di fermentasi (jerami, tebon, rumput kering dll)
  • Cacah semua bahan agar ukurannya lebih kecil dan mempermudah proses fermentasi
  • Larutan bahan fermentasi yaitu Tangguh probiotik NASA dengan tetes atau larutan gula
  • Semua bahan yang sudah di cacah di letakkan diatas terpal atau plastik 
  • Campur semua bahan pakan tadi dan kemudian si beri larutan fermentasi yang sudah di campur tadi 
  • Aduk sampai rata semua bahan
  • Simpan semua campuran tadi dalam drum besar kemudian di tutup rapat dengan plastik atau terpal agar proses fermentasi lebih sempurna
  • Proses fermentasi ini memakan waktu 14 hari

TESTIMONI PETERNAK KAMBING

Pak Hasan usahanya mememlihara kambing sejak tahun 2011. Sementara untuk domba ia memelihara sejak tahun 2006, untuk dombanya pakan yang di berikan pertama kali adalah hijauan dan ampas tahu, namun setelah ada pakan fermentasi ini, domba nya pun beralih ke pakan fermentasi.

Pak Hasan mengaku bahwa dengan pemberian pakan fermentasi ini ada penghematan dalam tenaga kerja. Untuk memberi pakan ternak sebanyak 40 ekor, di butuhkan 2 orang tenaga kerja saja. Ini dengan catatan bahwa makanan sudah siap di berikan. Modal terbesar mungkin pada pembelian tong-tong plastik tersebut. Semakin banyak populasi ternak maka kita harus menyediakan banyak tong untuk wadah fermentasi. Saat ini tong plastik menjadi pilihan favorit bagi para pelaku pembuat pakan fermentasi.




MANFAAT PAKAN FERMENTASI

Keuntungan sama, ada penghematan waktu

Pakan fermentasi memberikan nutrisi cukup untuk ternak. Dalam sebuah penelitian ilmiah ternyata pakan fermentasi ini jauh lebih baik di bandingkan pakan konsentrat dai pabrik. Dalam skala besar kita harus berhati-hati dalam memilih konsentrat untuk ternak.
Dengan pakan fermentasi bobot ternak lebih cepat tercapai dengan demikian umur panen menjadi lebih singkat. Untuk proses penggemukan pakan ini sangat cocok sekali. Untuk kambing yang di perah susunya pun juga sangat bagus.

Untuk mendapatkan daun-daunan segar di butuhkan biaya Rp. 7.500,- untuk setiap bongkoknya per sekali makan. Dengan pakan fermentasi ini biayanya hanya Rp. 2.000,- rupiah per sekali makan. Artinya kita menghemat Rp. 5.500,- per sekali makan, tinggal di kalikan saja.

BAGAIMANA KETAHANAN DARI SEBUAH MAKANAN FERMENTASI INI


Dalam kondisi sesuai prosedur, bahan makanan ini tahan hingga 1 bulan dalam tong. Sesuai prosedur disini artinya tetap dalam kondisi kedap udara, setelah pakan diambil lalu di tutup rapat lagi demikian seterusnya sampai pakan habis dan kita siap membuatnya lagi.





UNTUK MENDAPATKAN HASIL MAKSIMAL

  • Pakan fermentasi ini baik di berikan pada siang dan sore hari sedangkan pagi hari bisa di berikan rumput
  • Jika di berikan pada awal permulaan sebaiknya di berikan sedikit demi sedikit agar mulai terbiasa
  • Ternak bisa di berikan makanan pendamping seperti rumput, bekatul, kulit kedelai dll
  • Di berikan tepat waktu agar hasil penggemukan maksimal
  • Untuk hasil lebih maksimal lagi dan terjamin gemuk maka tambahlan paket penggemukan ternak dari PT NASA yaitu (VITERNA NASA + POC NASA + HORMONIK) untuk komborannya.

Untuk para peternak besar, pakan ini sangat di anjurkan untuk memperoleh keuntungan yang luar biasa.

BACA JUGA :

HARGA :

  • TANGGUH PROBIOTIK (TAPRO) Rp. 75.000 (1 liter)
  • VITERNA NASA Rp. 50.000 (500 ml)
  • POC NASA Rp. 40.000 (500 ml)
  • HORMONIK NASA Rp. 35.000 (250 ml) 
DAPATKAN HARGA TERMURAH JIKA MENJADI MEMBER KAMI

Demikian artikel kami mengenai cara pembuatan pakan fermentasi untuk hewan ternak agar hasilnya maksimal dan menguntungkan peternak, semoga artikel ini bisa di jadikan rekomendasi bagi para peternak.

LOKASI KANTOR PEMASARAN



Comments