PANDUAN PENEBARAN BENIH IKAN

TIPS MENEBAR BENIH IKAN SANGAT MEMPENGARUHI HASIL AKHIR


PANDUAN PENEBARAN IKAN - Penebaran ikan merupakan langkah awal yang sangat penting dalam menentukan kesuksesan budidaya ikan. Penebaran yang baik harus menggunakan prosedur yang baik dan waktu yang tepat

Sebelum penebaran benih, air kolam harus memenuhi sayara sebagai berikut :
  1. Air kolam untuk budidaya harus berkedalaman sekitar 50 cm. Untuk budidaya dengan karamba dan KJA, persyaratan kedalaman sesuai ketentuan karamba dan KJA.
  2. Pakan alami berupa plankton sudah mulai berkembang, ditandai dengan munculnya warna kehijauan pada air kolam.
  3. Parameter kualitas air sesuai persyaratan budidaya ikan tawar.
Benih ikan yang baru saja datang / baru saja tiba sangat rawan mengalami stress. Benih menjadi lemah dan sangat rawan mati. Oleh karena itu, sebelum di tebar benih perlu di aklimitasikan dengan lingkungan yang baru, mengingat lingkungan baru sangat di mungkinkan untuk mempunyai kondisi yang berbeda, terutama yang berkaitan dengan suhu dan pH air.

Aklimitasi di lakukan sebagai berikut :

  1. Begitu tiba di lokasi budidaya, kantong atau derigen yang berisi benih langsung di masukkan ke dalam kolam budidaya tanpa dibuka tutupnya selama 15 menit. Hal ini dimaksudkan agar terjadi penyesuaian antara suhu didalam wadah dengan suhu air kolam budidaya.
  2. Setelah 15 menit kantong benih dibuka. Untuk mempercepat penyesuaian suhu dan pH, biarkan air kolam budidaya masuk kedalam wadah benih.
  3. Akibat masuknya air kolam ke wadah, suhu dan pH air di dalam wadah akan semakin mendekati suhu dan pH air kolam budidaya. Bila sudah sesuai, miringkan wadah benih sehingga benih keluar dengan sendirinya dan masuk ke kolam budidaya.
  4. Waktu terbaik menebar benih adalah pagi sebelum jam 10 dan sore setelah jam 4 sore, saat matahari tidak terik-teriknya.

PADAT PENEBARAN BENIH IKAN

Padat penebaran benih ikan merupakan jumlah benih yang di tebar pers satuan luas dan volume air. Padat penebaran di sesuaikan dengan luas tempat budidaya dan luas volume air budidaya. Populasi ikan yang terlalu padat beresiko rentan terhadap penyakit dan kematian. Disampin itu, padat penebaran benih ikan juga sangat beresiko adanya kompetisi untuk mendapatkan makanan.

Padat penebaran ikan air tawar yang di busisayakan pada kolam, karamba atau KJA dapat dilihat dalam tabel di bawah ini :

TABEL PENEBARAN BENIH IKAN AIR TAWAR

PANDUAN PENEBARAN BENIH IKAN

Catatan penting !!!

Kolam yang dimaksud untuk budidaya :
Tawes, Nilem, Tombro, Patin, Bawal yang dibudidayakan di kolam air deras (KAD).
Gurami, Nila, Sidat, Lele, Gabus, yang di budidayakan di kolam air tenang (KAT).

BACA JUGA :




Butuh Bantuan? Jangan Sungkan!
Jika Anda Butuh Bantuan, Ataupun Hal -Hal Yang Ingin Ditanyakan, Jangan Ragu Untuk Menghubungi Kami, Dengan Senang Hati Akan Kami Bantu

WA / TELP/ SMS

0821 3309 8486 (Tsel)





Comments