Cara Budidaya Tomat Agar Berbuah Banyak

Cara Budidaya Tomat Yang Baik Dan Benar Pupuk Organik Nasa

pupuk nasa untuk tomat
Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses.

Budidaya Tomat Yang Baik Dan Benar

Pemilihan benih

benih atau biji yang baik adalah benih yang didapat dari buah tomat yang unggul. Keunggulan tomat dapat dinilai dari ukurannya yang besar serta bentuknya yang proporsional.

Penyemaian benih

tanaman tomat merupakan salah satu tanaman yang harus disemai dahulu sebelum ditanam. Sedaikan media penyemaian. Waktu penyemaian benih tomat umumnya adalah berkisar 35 hingga 40 hari. Taburkan bibit pada wadah penyemaian dan dan cukupi kebutuhan air serta nutrisinya.

Pengolahan tanah

setiap tanaman memiliki standar keasaman serta kelembaban tanah yang sesuai untuk pertumbuhannya. Untuk tanaman tomat, pH yang tepat adalah pada rentang 5,5 hingga 5,7. Jika terlalu asam, maka dapat disiasati dengan menambahkan dolomite untuk mendapatkan pH yang diinginkan. Selain memastikan pH tanah, perlu juga dilakukan penggemburan tanah.

Penanaman

dalam melakukan penanaman harus dilakukan pemindahan benih pada wadah persemaian ke wadah penanaman. Pemindahan dilakukan dengan menempatkan benih hasil persemaian ke dalam lubang-lubang yang telah disiapkan. Kedalaman lubang berkisar antara 5 cm hingga 7 cm.

Tanam bersamaan dengan akar tanaman juga lalu timbun kembali dengan tanah yang sebelumnya berasal dari galian. Lakukanlah perawatan dengan teratur untuk mendapatkan hasil yang baik.

Perawatan

Untuk pemupukan menggunakan Pupuk Organik Nasa yaitu Poc Nasa dan Hormonik Nasa. Larutkan 4 tutup Poc Nasa + 1 tutup Hormonik dengan 15 liter air. kemudian semprotkan merata antara jam 07.00 – 12.00 karena pada waktu itu stomata daun terbuka jadi penyemprotan akan lebih efektif. Lakukan penyemprotan 7-10 hari sekali.
poc nasa tomat

Panen

Normalnya panen buah tomat dilakukan pertama kali  pada umur 90 hari sejak pindah tanam. Lalu selama 3–5 hari sekali sampai buah habis. Jika buah tomat yang akan  dipasarkan harus menempuk jarak jauh dan butuh waktu beberapa hari sebaiknya dipanen ketika buah masih hijau  atau kira–kira  5–6 hari lagi menjadi merah.

Sedangkan untuk pemasaran jarak dekat tingkat kemasakan 90% yakni ketika buah berwarna kuning kemerah – merahan.

Bagikan informasi tentang CARA BUDIDAYA TOMAT BAIK kepada teman atau kerabat Anda.

Comments