Cara Budidaya Jeruk Agar Berbuah Banyak & Cepat Panen

Cara Budidaya Jeruk Agar Cepat Panen

pupuk perangsang buah jeruk
Jeruk atau limau adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan). Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya.

Cara Budidaya Jeruk Agar Cepat Panen

Pemilihan Bibit Jeruk Manis

Ada 2 cara mendapatkan bibit jeruk manis yaitu secara generative/vegetative. Untuk generatuve sudah tidak dipakai lagi karena prosesnya memerlukan waktu lama dan terkadang bibit tidak sebaik induknya. Untuk bibit dari proses vegetative yaitu dengan cara di stek/tempel yang mempunyai kelebihan umur yang pendek dan cepat berbuah. Dianjurkan menggunakan bibit dari stek atau tempel

Penanaman Jeruk Manis

Buat lubang diameter 50cm, jarak lubang 5meter x 6meter, kedalaman lubang 50cm. Masukan bokhasi ke dalam lubang setinggi 15cm lalu kocor lubang dengan air sampai basah merata

Perawatan Jeruk Manis

Pengairan/Kocor dilakukan pada sore hari untuk tanaman yang baru dan melihat kondisi tanah. Bila tanaman sudah berumur 3 bulan, kocor dilakukan 3-4 hari sekali tergantung kondisi tanah

Pemupukan Jeruk Manis

Pupuk organik yang digunakan adalah pupuk organic nasa karena sudah terbukti mampu meningkatan kualitas panen dan tetap menjaga kelestarian lingkungan. Untuk pemupukan/penyemprotan menggunakan Poc Nasa dan Hormonik.

Adapun dosisnya adalah 4 tutup Poc Nasa + 1tutup Hormonik dicampur dengan 15 liter air kemudian semprotkan pada tanaman secara merata.
pupuk nasa jeruk

Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian hama tanaman menggunakan Pestona, larutkan 5-10cc per 1liter air. Kemudian semprotkan pada tanaman yang terserang hama secara merata. Untuk hasil maksimal sebaiknya disemprot sesering mungkin minimal 3x per musim.

Panen Jeruk Manis

Panen dilakukan ketika jeruk sudah masak optimal sekitar 8 bulan dari pembungaan. Waktu panen usahakan saat cuaca cerah cara panen dipetik dengan menggunakan gunting. Sekian artikel tentang Cara Budidaya Jeruk semoga bermanfaat.

Bagikan informasi tentang CARA JERUK CEPAT PANEN kepada teman atau kerabat Anda.

Comments