Pupuk Perangsang Buah Okra Paling Bagus Dari Nasa

Cara Budi Daya Tanaman Okra Pakai Pupuk Nasa


Pupuk Nasa Untuk Okra - Bagi sebagian orang, okra adalah nama yang asing. Namun, jenis tanaman ini mulai banyak dikenal dan disukai untuk diolah menjadi berbagai olahan masakan seperti kari, tumis, balado, oseng-oseng, campuran salad dan lainnya.

Okra atau yang dikenal juga dengan nama Bendi atau Abelmoschus esculentus adalah sejenis tanaman berbunga yang masuk dalam suku Malvaceae.

Okra termasuk unik karena berbentuk memanjang dan runcing pada bagian ujungnya. Sekilas, penampilan buahnya hampir mirip dengan cabai hijau besar, namun di sekeliling kulitnya terdapat bulu-bulu halus.

Okra muda berwarna hijau. Okra memiliki biji berukuran kecil yang menempel di dinding buah. Tekstur yang dimiliki oleh okra hampir mirip dengan terong, jika dimasak rasanya renyah dan berlendir.

Okra tumbuh baik pada ketinggian 600-800 mdpl, dengan rata-rata curah hujan 1700-3000 mm/tahun. Okra membutuhkan sinar matahari secara penuh dan menghendaki suhu udara rata-rata 24-28 0C. pH ideal agar tanaman okra mampu tumbuh dengan optimal adalah 5,5-7,0 (netral).

Tanah yang berpasir hingga tanah lempung serta mengandung banyak bahan organik akan sangat cocok jika ditanami okra.

Cara menanam okra yang mudah dan minim perawatan menjadikan okra menjadi salah satu tanaman yang mulai dibudidayakan. Berikut merupakan tahap-tahap dalam budidaya okra.

Persiapan Lahan Budidaya Okra

Lahan yang sudah gembur dan bersih dari gulma, selanjutnya dibuat bedengan dengan lebar90-100 cm, tinggi 20-30 cm dan panjang bedengan yang menyesuaikan lahan.

Antar bedengan dibuat jarak sekitar 50-70 cm. Jika pH tanah dibawah 5,5 maka perlu dilakukan pengapuran dengan cara ditabur diatas bedengan. Bedengan dibiarkan selama 10-15 hari kemudian ditutup dengan mulsa plastik.

Persiapan Benih Untuk Budidaya Okra

Benih dapat dibuat sendiri atau membeli di toko pertanian. Benih okra yang dibuat sendiri didapatkan dari biji okra yang sudah tua dan warnanya sudah menghitam. Benih direndam selama 4-6 jam dengan air yang dicampurkan Poc nasa dengan dosis 1 tutup Poc nasa untuk 25 liter air, lalu dipilih benih yang tenggelam saat perendaman.

Setelah benih diperoleh, selanjutnya benih dapat disemai dalam polybag yang telah diisi dengan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1. Setelah bibit okra memiliki tinggi sekitar 15-20 cm, maka bibit tersebut dapat dipindah ke lahan.

Penanaman Okra Dengan Pupuk Nasa

Benih okra dapat ditanam langsung ke lahan dengan cara membenamkan 2-3 benih dalam lubang tanam lalu ditutup tipis dengan tanah.

Namun, jika bibit berasal dari semai, bibit tinggal dimasukkan secara hati-hati ke dalam lubang tanam yang telah dibuat lalu timbun dan dipadatkan. Penanaman okra dilakukan pada sore hari.

Pupuk Okra Paling Bagus Dari Nasa

Pemeliharaan tanaman okra meliputi penyiraman dan penyiangan. Okra membutuhkan kondisi tanah yang agak lembab. Saat tidak hujan sebaiknya tanaman okra disiram dua kali sehari, pada pagi dan sore hari. Penyiangan dilakukan dengan mencabut gulma yang tumbuh di sekitar tanaman.

Pemupukan Okra Dengan Pupuk Nasa (Susulan)

  • Pemupukan susulan dilakukan saat tanaman berumur sekitar 10-15 hst, pupuk yang digunakan yaitu pupuk Supernasa dengan dosis 1 botol untuk 200 liter air, siramkan per pohon 2-3 liter. Pemberian pupuk tersebut dilakukan dengan cara dikocor.
  • Pemupukan selanjutnya dilakukan setelah tanaman berumur 30 hst. Pupuk yang digunakan yaitu pupuk Supernasa dan power nutrition dengan dosis 1 botol supernasa + 1 botol power nutrition untuk 200 liter air, siramkan per pohon 2-3 liter.
  • Semprotkan Poc nasa + Hormonik dengan dosis 4 tutup Poc nasa + 1 tutup Hormonik untuk 1 tangki penyemprotan. Semprotkan 2 minggu sekali sampai berbunga

Pengendalian Hama Pada Okra

Hama yang menyerang okra adalah ulat grayak, ulat pemakan jagung, ulat jengkal, tungau, laba-laba, kutu daun dan belalang. Sedangkan penyakit yang sering menyerang adalah antraknosa, bercak daun dan penyakit busuk buah.

Untuk pengendaliannya, bisa di semprotkan Pestona dengan dosis 7 tutup untuk 1 tangki penyemprotan. Semprotkan 1 bulan sekali 



Panen Okra Pakai Pupuk Nasa

Panen buah okra dapat dimulai ketika tanaman berusia 60-70 hari. Buah okra dipanen ketika masih muda, kira-kira yang sudah berukuran panjang 10-12 cm.

Buah okra yang ukuran panjangnya sudah lebih dari 12 cm atau sudah tua tidak layak untuk dipanen dan dikonsumsi sebagai sayur.

Pemanenan bisa dilakukan setiap 2 atau 3 hari sekali, dan berlangsung hingga 2-3 bulan sejak panen pertama. Masa panen tergantung pada kondisi tanaman dan pemeliharaan tanaman.

Butuh Bantuan? Jangan Sungkan!
Jika Anda Butuh Bantuan, Ataupun Hal -Hal Yang Ingin Ditanyakan, Jangan Ragu Untuk Menghubungi Kami, Dengan Senang Hati Akan Kami Bantu

WA / TELP/ SMS

0821 3309 8486 (Tsel)



Comments