Kesaksian Petani Padi Pakai Pupuk Nasa

Dosis Pupuk Nasa Untuk Padi Yang Sering Dipakai

Pupuk Untuk Padi

Kesaksian Jujur Pupuk Nasa Untuk Padi

Bapak SAMSUDIN (Petani padi Dukuh Bulu, Desa Gentan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang)

Awal saya mengenal PUPUK NASA yaitu di kenalkan oleh Bp. JOKO HARYANTO (Boyolali) yang juga merupakan distributor Nasa kota Boyolali. Awalnya PUPUK NASA saya ujicobakan ke varietas Ciherang seluas 3000 m2 dan tanaman padi tersebut saya bandingkan dengan tanaman padi milik tetangga saya dengan varietas dan luas yang hampir sama. Produk NASA yang saya gunakan adalah :
  1. Supernasa
  2. Power Nutrition
  3. Poc Nasa
  4. Hormonik Nasa
Saat menggunakan PUPUK NASA tanaman padi saya mengalami peningkatan yang sangat banyak, tanaman padi saya pertumbuhannya lebih cepat, waktu panen juga lebih singkat, serta jumlah anakan menjadi lebih banyak yaitu berkisar 25-35 anakan.
Sedangkan yang tidak menggunakan PUPUK NASA hanya berkisar 17-20 anakan saja.

Cara Aplikasi Pupuk Nasa Untuk Padi

  • 3 hari sebelum masa tanam saya berikan 1 botol SUPERNASA + SP 36 dan phonska lalu saya tebar merata sebagai pupuk dasar
  • Untuk penggunaan POC NASA, HORMONIK saya semprotkan pagi hari saat padi berumur 15 hari dan 35 hari.
  • Dosis yang di berikan : POC NASA 4-5 tutup, HORMONIK 1-2 tutup untuk 1 tangki ukuran 15 liter 
  • Saya siramkan POWER NASA saat usia 3 minggu untuk memperbanyak buah padi (1 sendok untuk 15 liter air)
  • Sedangkan untuk pengendali hama saya semprotkan PESTONA 7 tutup per tangki saya semprotkan sore harinya.

Kelebihan Pupuk Nasa Untuk Padi

  • Bulir padi (buahnya) lebih berisi dan bernas
  • Penggunaan PUPUK KIMIA saya kurangi hingga 25 %, penggunaan pupuk kimia biasanya 100kg setelah menggunakan PUPUK NASA saya cukup menggunakan 70 kg saja
  • Sedangkan untuk TSP saya menggunakan 50 kg dan PHONSKA 25 kg, pupuk KCL 25 kg.
Kesaksian Petani Padi Pakai Pupuk Nasa

Kesaksian Petani Padi Pakai Pupuk Nasa

Alhasil setelah saya menggunakan PUPUK NASA hasilnya benar-benar menggembirakan yaitu jumlah panen dan kualitas gabah sangat bagus (padahal kekurangan air) karena di daerah saya sulit air. 

Sebelum saya menggunakan PUPUK NASA pada luas lahan tersebut yaitu hanya menghasilkan 1,2 ton/3000 m2, tetapi setelah saya menggunakan PUPUK NASA hasilnya meningkat drastis menjadi 1,8 ton/3000 m2. Mengingat jumlah peningkatan hasil panen sangat tinggi untuk ukuran daerah yang sulit air, saya memiliki keyakinan bahwa jika di daerah yang sumber air sangat melimpah bisa menghasilkan panen jauh lebih besar. 

Sebagai analisa ekonomi yang sangat sederhana :

  • Penghematan urea 30.000
  • Penghematan phonska 43.750
  • Penghematan TSP 30.000
  • Pemakaian PUPUK NASA : POC NASA 2 BOTOL, HORMONIK 2 BOTOL, SUPERNASA 1 BOTOL, POWER NASA 1 BOTOL, PESTONA 1 BOTOL jika di uangkan di daerah Boyolali Rp. 365.000.
  • Sedangkan untuk total hasil produksi tanaman padi setelah menggunakan PUPUK NASA adalah 1,8 ton/3000m2 jika harga gabah 1 kg : Rp. 2.100 saja maka 2.100 x 1,8 ton : 3.780.000. Sedangkan sebelum saya menggunakan PUPUK NASA adalah 1,2 ton/3000 m2 yaitu 2.100 x 1,2 ton : 2.520.000.
Jadi dari analisa tersebut selisihnya adalah 1.260.000, dengan menggunakan PUPUK NASA maka produksi panen padi berlipat.
Kesaksian Petani Padi Pakai Pupuk Nasa
Demikian artikel kami mengenai kesaksian pengguna PUPUK NASA di SUSUKAN, SEMARANG semoga bisa menjadi panduan oleh semua petani padi di Indonesia.

Butuh Bantuan ? Jangan Sungkan !
Jika Anda Butuh Bantuan, Atau pun Hal-Hal Yang Ingin Ditanyakan. Jangan Ragu Untuk Menghubungi Kami, Dengan Senang Hati Akan Kami Bantu.

TELP/SMS/WA

0821 3309 8486 (Tsel)

Comments