Jenis Pupuk Untuk Kacang Tanah

Jenis Pupuk Untuk Kacang Tanah


Pupuk Nasa merupakan pupuk organik yang terbuat dari 100 persen bahan alami yang sudah lulus uji baik mutu maupun kualitas, sudah banyak petani di INDONESIA menggunakan pupuk organik NASA sebagai pupuk pokok. Hasil pemakaian pupuk organik NASA, sangat membantu dalam hal :
  • Hemat biaya, waktu dan tenaga karena pemupukannya sangat mudah
  • Kualitas pupuk NASA sudah teruji mutu dan kualitasnya
  • Kandungan unsur hara sangat banyak dan komplit
  • Harga pupuk NASA sangat terjangkau
  • Hasil panen meningkat 

Dosis Pupuk Nasa Kacang Tanah

  • Pupuk Kandang 2-4 ton per Ha
Di berikan pada permukaan bedengan kurang lebih sekitar seminggu sebelum masa tanam, dicampur pada tanah bedengan atau di berikan pada lubang tanam (usahakan pupuk kandang yang sudah kering)
*Jika tidak memiliki pupuk kandang bisa menggunakan PUPUK GRANULE NASA 20 kg per Ha
  • Pupuk An organik
Berupa ZA 100kg per Ha, SP-36 100kg per Ha, dan KCL 50kg per Ha atau sesuai rekomendasi setempat.
  • Pupuk Organik Nasa
Siramkan pupuk POC NASA yang telah dicampur air secukupnya (5 tutup untuk air 15 liter) secara merata diatas bedengan (10-20 botol per Ha). Hasil akan jauh lebih bagus jika menggunakan PUPUK SUPERNASA. Adapun cara penggunaan PUPUK SUPERNASA adalah sebagai berikut :
  1. alternatif 1 : 1 botol  SUPERNASA di encerkan ke dalam 3 liter air untuk dijadikan larutan induk. Kemudian setiap 50 liter air tersebut di beri 200cc lalu di siramkan ke bedengan.
  2. alternatif 2 : Setiap 1 gembor volume 10 liter air di beri 1 sendok SUPERNASA untuk menyiram 5-10 meter bedengan.
Semua dosis PUPUK MAKRO diberikan saat tanam. Pupuk di berikan di kanan-kiri lubang tugal sedalam 3 cm. 

Penyemprotan POC NASA (4 tutup per tangki ukuran 16 liter) setiap 2 minggu sekali sejak umur 10 hari setelah tanam. Membutuhkan POC NASA 10 botol POC NASA, 10 botol HORMONIK per Ha. Akan lebih bagus hasilnya jika penyemprotannya POC NASA ditambahkan HORMONIK NASA.

Penyemprotan POC NASA + HORMONIK NASA setiap 2 minggu sekali semenjak umur 10 hari, (4 tutup POC NASA + 1 tutup HORMONIK). Penggunaan sekitar 10 botol per Ha
Jenis Pupuk Untuk Kacang Tanah
Untuk peningkatan hasil buah pada kacang tanah bisa di tambahkan PUPUK POWER NASA yang berguna untuk meningkatkan produksi buah

Untuk hasil yang lebih mantap lagi bisa ditambahkan AERO NASA (0,5 tutup per tangki ukuran 16 liter) sebagai perekat, perata dan pembasah. Membutuhkan sekitar 8 botol AERO per Ha. Dengan tujuan agar penyemprotan tidak cepat hilang terkena angin dan air hujan.

Untuk pencegahan hama bisa di campurkan NATURAL GLIO untuk pestisida biologi, dengan takaran 1 sendok per 1 tangki ukuran 16 liter. Membutuhkan 10 pcs per Ha.

Demikian artikel ini semoga dapat berguna sebagai panduan agar penanaman kacang tanah bisa lebih maksimal dan hasil nya meningkat 100 persen.

Comments